Review

Franck Wolf Trio – Bol d’air

Franck Wolfe Trio - Bol d'air
Franck Wolfe Trio – Bol d’air

Album terkini dari saksofonis-komposer asal Perancis, Franck Wolf berjudul Bol d’air yang kurang lebih berarti angin sejuk. Di dalamnya, Franck bersama dua rekan yaitu maestro akordeon Marcel Loeffler dan kontrabasis Davide Petrocca sajikan menu segar; selain komposisi baru Franck dan Marcel, terdapat pula rendisi menarik atas nomor-nomor lawas mulai dari Bach sampai Charlie Chaplin.

Introduksi akordeon Marcel awali perjumpaan lewat “Partita,” yang uniknya terdengar seperti organ. Kemudian temanya diambil alih Franck dengan saksofon sopran, sedangkan Davide berikan lajur bas mengayun sebagai penanda denyut. Menuju bukaan resitatif atas solo kontrabas, komposisi “Libertango” milik Astor Piazzola tampilkan versatilitas akordeon. Beda dengan versi asli, nomor tersebut menjadi tango terhitung lima; 1-2-3 + 1-2 alih-alih delapan (1-2-3 + 1-2-3 + 1-2) sebagaimana lazimnya.

Simak pula persandingan antara swing dengan jazz manouche pada “Clair de Lune” saat Davide berperan besar dalam mengisi absennya pemain drum, di samping ia beraksi solo. Nikmati merdunya alunan “Smile” yang dibawakan santai oleh ketiga pemain, atau sejuknya title track  terambil dari rekaman live, “Bol d’air.” Tempo permainan lalu meningkat di trek gypsy-bop “Bopin’” sebagai showcase Franck, Marcel dan Davide lewat sesi improvisasi virtuosik.

Penkmat tango dapat langsung memutar “Tangomania” atau penutup “Tango Impro” yang relatif lebih “tradisional.” Di album ini Franck pula bermain saksofon tenor, meskipun hanya pada trek “Mimine” dengan ciri beat groovy berkat lajur bas Davide yang ajek dan terkesan ceria. Seperti nomor pembuka, trio ini kembali mendekonstruksi fuga era Barok atas “Fugue tempérée” berikut infusi swing yang tak terelakkan.

Album: Bol d’air
Label: WM Music, 2013

01. Partita
02. Bol d’air
03. Bopin’
04. Smile
05. Libertango
06. Clair de Lune
07. Tangomania
08. Mimine
09. Fugue tempérée
10. Tango Impro

Pemain

Franck Wolf: saksofon
Marcel Loeffler: akordeon
Davide Petrocca: kontrabas

 

Tags

Thomas Y. Anggoro

Lulusan ISI Yogyakarta. Telah meliput festival di berbagai tempat di Indonesia dan Malaysia.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker