Profile

Nate Smith sang pemimpin ritmik gemilang dalam Jazz, Pop, dan lainnya

Selama hampir dua dekade, Nate Smith telah menjadi elemen kunci dalam merevitalisasi panggung musik internasional dengan gaya drumming-nya yang kuat, naluriah, dan berakar dalam. Nate Smith adalah seorang drummer, komposer, dan produser asal Chesapeake, Virginia.

Gaya drummingnya yang kuat, naluriah, dan akar yang dalam telah membawanya mendapatkan tiga nominasi GRAMMY dan bekerja dengan artis-artis terkemuka, termasuk: Pat Metheny, Dave Holland, Brittany Howard, Van Hunt, The Fearless Flyers, Norah Jones, Chris Potter, José James, John Patitucci, Ravi Coltrane dan Somi.

Selain itu, Nate Smith juga telah menjelajahi dunia pop/rock melalui kolaborasi terbarunya dengan band spinoff Vulfpeck, The Fearless Flyers, Brittany Howard (dari Alabama Shakes), serta penampilan dengan para penulis lagu seperti Emily King dan Van Hunt.

Dalam beberapa tahun terakhir, melalui serangkaian video viral, dia muncul sebagai salah satu drummer paling berpengaruh dan populer dari generasinya.

Video-video tersebut telah ditonton jutaan kali dan telah menginspirasi banyak musisi dan penggemar. Pada bulan September 2018, Nate Smith merilis album drumset solo pertamanya, Pocket Change.

Smith menggabungkan komposisi asli dengan campuran musik yang eklektik, termasuk segala hal mulai dari jazz hingga R&B, hip-hop, dan pop.

https://youtu.be/peYcNm3JTe8 

Sebagai seorang komposer dan arranger musik, Nate Smith telah menerima dua nominasi GRAMMY untuk komposisinya yang berjudul “Home Free (for Peter Joe)” dalam kategori Best Instrumental Composition dan Best Arrangement (Instrumental or A Cappella).

Album terbarunya, Kinfolk 2: See The Birds (dirilis pada September 2021 oleh Edition Records), merupakan kelanjutan yang sangat dinanti-nantikan dari albumnya yang mendapatkan nominasi GRAMMY pada tahun 2017, Kinfolk: Postcards From Everywhere.

Mengenai proyek KINFOLK: Postcards From Everywhere, Nate Smith mengatakan, “Tujuan saya adalah untuk memulai dengan elemen paling sederhana, melodi yang mudah dinyanyikan dengan harmoni yang akrab, dan menggunakannya untuk menyusun cerita yang terasa nostalgik tanpa terlalu sentimental.

Bagian seperti ‘Retold’ dan ‘Pages’ menggunakan harmoni-harmoni yang akrab dan selaras sebagai cara untuk membangkitkan perasaan pendengar untuk ‘mengingat kembali’ kenangan, sementara ‘Skip Step’ dan ‘Spinning Down’ menggunakan lapisan ritme untuk mengekspresikan perasaan ketegangan yang belum teratasi.

‘Disenchantment: The Weight’ menggunakan progresi akor naik/turun untuk mensimulasikan nafas panjang kepasrahan, sementara ‘Home Free (for Peter Joe)’ menggunakan melodi seperti himne sebagai cara untuk membangkitkan perasaan keduanya, kesolemnan dan keremajaan.”

Dalam beberapa tahun terakhir, video viral Smith telah dilihat oleh jutaan orang, menggarisbawahi popularitasnya sebagai salah satu drummer paling berpengaruh dari generasinya

Nate Smith + Kinfolk dijadwalkan tampil di BNI Java Jazz Festival di Pertamina Hall, Hall A1 pada hari Jumat, 2 Juni 2023 mulai pukul 19:15 – 20:15 wib.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker