Profile

Saksofonis Tommaso Starace

Tommaso Starace lahir di Milan pada 11 Januari 1975 dari ayah berkebangsaan Italia dan ibu berkebangsaan Australia. Ia mulai memainkan saksofon alto pada usia 18 tahun.

Pada tahun 1994, ia mengikuti seminar jazz mingguan yang diselenggarakan oleh Berklee College of Music di Perugia sebagai bagian dari ‘Umbria Jazz Festival’. Di tahun yang sama, ia diterima di Birmingham Conservatoire di mana ia lulus dengan gelar BMus kelas satu dengan kehormatan.

Selama 4 tahun kuliahnya, ia belajar dengan para saxophonist Andrew Tweed, Chris Gumbley, dan Nigel Wood, baik repertoar klasik maupun jazz.

Pada musim panas tahun 1996, ia ikut serta dalam Jamey Aebersold Summer Camp di Kentucky dan berkesempatan untuk tampil dan belajar dengan saxophonist Don Braden dan pendidik jazz David Baker.

Antara tahun 1999/2000, ia menyelesaikan kursus Jazz Pascasarjana di Guildhall School of Music and Drama, London. Selama mengikuti kursus, ia belajar dengan saxophonist Jean Toussaint (eks-Jazz Messengers), dan saxophonist Stan Sulzman serta Martin Hathaway.

Ia tampil dalam kombo kecil dan big band dengan Billy Cobham, David Liebman, Kenny Wheeler, dan Norma Winstone. Ia juga mengikuti beberapa kelas master, beberapa di antaranya bersama musisi jazz terkenal seperti saxophonist Tim Garland dan bass virtuoso John Patitucci.

Sejak menyelesaikan pascasarjana dengan sukses, Tommaso telah mendapatkan reputasi yang cukup baik dalam kancah jazz di Inggris, tampil di banyak klub jazz dan festival dengan Quintet-nya.

Rekaman terbarunya ‘The Power of Three’ merupakan kolaborasi dengan pianis ulung Jim Watson dan maestro bass listrik Laurence Cottle. Tommaso memperlakukan rekaman ini sebagai sesi jam, memilih beberapa lagu dan komposer favoritnya, dan menyusun album yang menampilkan berbagai gaya musik mulai dari funk, latin, bossa, ballad, hingga swing.

Informasi lebih lanjut:

  • http://www.tommasostarace.com/
  • http://www.facebook.com/tommaso.starace

 

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker