Profile

Caity Gyorgy, penyanyi bebop dan swing pemenang JUNO

Caity Gyorgy (dibaca George) adalah seorang penyanyi Kanada pemenang JUNO Award dua kali yang dikenal karena menyanyikan musik bebop dan swing. Dia telah tampil di klub jazz dan festival di Kanada, Meksiko, Jepang, dan Amerika Serikat serta telah bekerja dan merekam dengan musisi luar biasa termasuk Christine Jensen, Pat LaBarbera, Jocelyn Gould, Ira Coleman, Bryn Roberts, dan Joe LaBarbera, untuk menyebut beberapa.

Selain sebagai seorang pemusik, Caity adalah seorang penulis yang rajin dan menciptakan lagu dalam gaya Great American Songbook. Komposisinya telah dinyanyikan oleh penyanyi lain di seluruh dunia, dan telah memenangkan beberapa penghargaan termasuk Hadiah Utama dalam kategori jazz di Kontes Menulis Lagu John Lennon 2021.

Dia juga menjadi konsultan yang banyak dicari dan saat ini menjadi instruktur vokal jazz di Kamp Musik Musim Panas Yukon di Whitehorse, Yukon, dan Kamp Musik Interprovinsial di McKellar, Ontario.

Saat ini dia dikontrak oleh label Brooklyn La Reserve Records dan telah merilis beberapa album musik asli dan standar bersama mereka termasuk dua album pemenang JUNO-nya “Now Pronouncing” dan “Featuring”.

Album terbarunya “You’re Alike, You Two”, sebuah koleksi komposisi Jerome Kern yang dipentaskan dengan pianis, komposer, dan pengaransemen terkenal Mark Limacher, dirilis pada 21 Juli 2023, dan telah mendapatkan pengakuan internasional karena presentasi yang sederhana dan adaptasi segar dari repertoar klasik Jerome Kern. Album ini juga masuk dalam nominasi JUNO 2024.

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker