Profile

Julieta Eugenio, Saksofonis asal Argentina dengan pendekatan reflektif

Julieta Eugenio, Saksofonis asal Argentina yang berbasis di New York City.

Julieta terlibat dalam scene jazz Argentina dan tampil di tempat-tempat jazz ternama di Buenos Aires bersama musisi-musisi handal.

Pada tahun 2013, Julieta diterima untuk belajar di Queens College untuk gelar Master Jazz di New York City. Setelah lulus, saat ini, Julieta bermain bersama musisi jazz terbaik dari seluruh dunia dan scene jazz New York City.

Julieta memiliki kesempatan untuk tampil di salah satu radio siaran jazz paling bergengsi di AS – WBGO serta ditampilkan dalam berita ABC7 News secara nasional bersama Master Philip Harper.

Pada April 2017, Julieta Eugenio memenangkan Kompetisi International Women in Jazz sebagai anggota trio SIJ dan akan tampil di Saint Peter’s Church untuk Festival IWJ di NYC.

Julieta telah berbagi panggung berkali-kali dengan Jazz Legend Johnny O’Neal, di mana dia ditampilkan dalam residensinya di klub Jazz Smoke, Ginny’s Super Club, klub Jazz Smalls, Mezzrrow, dan lainnya.

Selama beberapa tahun terakhir, Julieta telah memiliki kesempatan untuk tampil dengan musisi-musisi bergengsi seperti Leon Parker, Joe Farnsworth, Tardo Hammer, Pasquale Grasso, Bertha Hope, Eric Reed, dan lain-lain.

Pada Oktober 2021, Julieta tampil di Joyce Theater di NYC untuk residensi 2 minggu dengan Eyal Vilner Big Band sebagai bagian dari pertunjukan SWING OUT.

Pada Desember 2021, Julieta tampil di Guggenheim Museum di NYC untuk Konser Solstice Rotunda dengan Eyal Vilner Big Band.

Pada Maret 2021, Julieta merekam album debutnya JUMP di Greenleaf Music, label rekaman oleh Dave Douglas. Album ini, dirilis pada 4 Maret 2022, menampilkan komposisi-komposisi miliknya dengan Jonathan Barber dan Matt Dwonszyk.

Trio Julieta Eugenio memenangkan DCJazzPrix 2022, sebuah kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh DC Jazz Fest.

Selama tahun 2022, Julieta tampil dengan pertunjukan SW!NG OUT, produksi teater Joyce yang mengagumkan menampilkan koreografi Lindy Hop dan improvisasi dengan sesi jam musik langsung oleh Eyal Vilner Big Band di panggung. Pertunjukan ini telah berkeliling di seluruh AS termasuk Los Angeles, Texas, Portland, Ann Arbor, Virginia, Jacob’s Pillow Dance Festival, NYC, dan lainnya.

Julieta juga telah mempersembahkan album debutnya di NYC dengan trio-nya di Dizzy’s, Jazz at Lincoln Center Summer Stage, Smalls Jazz Club, Bushnell Park Jazz Festival di CT, dan beberapa tur mempersembahkan musik baru di Los Angeles, California dengan pertunjukan di Sam First, Just Jazz Series, dan ETA Highland Park.

Pada Oktober 2022, Julieta dinominasikan oleh Jazz Music Awards sebagai Artis Baru Terbaik.

Pada tahun 2023, Julieta dinominasikan oleh Majalah GRAMMY sebagai salah satu dari 10 Artis Jazz Muda yang harus diperhatikan pada tahun 2023 dan juga dipilih sebagai semifinalis Next Jazz Legacy.

Julieta Eugenio saat ini tampil di panggung utama Festival Jazz di AS dan luar negeri.

Salah satu sorotan tahun ini adalah tampil di Kennedy Center bersama legenda Dee Dee Bridgewater untuk Mary Lou Williams Jazz Festival.

Tahun ini trio Julieta tampil di Mid Atlantic Jazz Festival, College Park Jazz Fest, dan akan tampil di Elkhart Jazz Festival di Indiana dan Washington DC Jazz Festival.

Lebih lanjut:

  • https://www.julieta-eugenio.com
  • https://www.instagram.com/julietaeugenio
  • https://www.facebook.com/julietaeugeniomusic

Agus Setiawan Basuni

Pernah meliput Montreux Jazz Festival, North Sea Jazz Festival, Vancouver Jazz Festival, Chicago Blues Festival, Mosaic Music Festival Singapura, Hua Hin Jazz Festival Thailand, dan banyak festival lain diberbagai belahan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker